Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 4 Merangin. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini sebanyak 469 siswa dan sampel penelitian sebanyak 200 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menujukan ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar yang ditunjukan =3,697, dengan p = 0,000< 0,05. Ada pengaruh motivasi belajar keluarga terhadap prestasi belajar yang ditunjukan =7,592, dengan p = 0,000< 0,05. Ada pengalih lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap prestasi belajar yang ditunjukan =38,592, p = 0,000< 0,05. Jadi dapat ditegaskan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersamasama terhadap prestasi beajar siswa kelas VII SMPN 4 Merangin.
Copyrights © 2022