JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 5 No 3 (2022): JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) November 2022

UPAYA MENINGKATKAN SELF-EFFICACY BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Anggina Siregar (Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Marzuki Ahmad (Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Sinar Depi Harahap (Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self-efficacy matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran inovatif di SMA N 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA 1 Angkola Timur. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam peelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yag digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian dari dua siklus menunjukkan adanya peningkatan self-efficacy matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket self-efficacy pada siklus I diperoleh hasil skor rata-rata 65,86 dengan kriteria “baik” . Sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 81,37 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil kedua siklus diperoleh peningkatan sebesar 15,51. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif dapat meningkatkan self-efficacy matematika siswa di SMA N 1 A ngkola Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...