Majalah Farmasetika
Vol 8, No 1 (2023)

Evaluasi Sistem Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Dengan Metode HMN Di Rumah Sakit

Eleonora Maryeta Toyo (Program Studi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Jl. Medoho III, No. 2, Siwalan, Kec. Gayamsari, Kota Semarang)
Karol Giovani Battista Leki (Program Studi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Jl. Medoho III, No. 2, Siwalan, Kec. Gayamsari, Kota Semarang)
Ferika Indarsari (Program Studi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Jl. Medoho III, No. 2, Siwalan, Kec. Gayamsari, Kota Semarang)
Suwito Woro (Program Studi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Jl. Medoho III, No. 2, Siwalan, Kec. Gayamsari, Kota Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Keselamatan pasien di rumah sakit adalah sistem pelayanan yang memberikan asuhan pasien menjadi lebih aman dalam mengukur risiko, identifikasi dan pengelolahan risiko terhadap analisa insiden, kemampuan untuk belajar dan menidaklanjuti insiden serta menerapkan solusi untuk mengurangi risiko.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem pelaporan insiden keselamatan pasien dengan menggunakan metode HMN (Health Metrics Network) yang mencakup aspek segi input, segi proses, dan segi output. Penelitian ini merupakan studi deskriptif observasional dengan rancang bangun cross sectional dan data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa komponen-komponen evaluasi sistem pelaporan insiden yaitu sumber daya sistem informasi kesehatan, indikator kesehatan, sumber data, manejemen data, produk informasi, dan penggunaan informasi kesehatan sudah sesuai dengan peraturan menteri kesehatan no. 11 tahun 2017 tentang keselamatan pasien dan buku panduan pelaporan insiden keselamatan pasien yang dikeluarkan oleh tim KKP-RS tahun 2015. Kata kunci: Keselamatan Pasien, Pelaporan Insiden, HMN, Rumah Sakit

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

farmasetika

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Majalah Farmasetika Edisi Khusus merupakan majalah online farmasi di Indonesia berbentuk artikel ilmiah populer, artikel review, laporan kasus, komentar, dan komunikasi penelitian singkat di bidang farmasi. Edisi khusus ini dibuat untuk kepentingan informasi, edukasi dan penelitian kefarmasian. ...