IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis
Vol 3, No 2 (2022): DECEMBER 2022

PENGARUH ATMOSFER PADA PERCEIVED RESTAURANT AUTHENTICITY DAN WORD OF MOUTH DI TOM SUSHI

Cindy Harayanti (STIE Pariwisata Internasional (STEIN), Jakarta)
Meylani Tuti (STIE Pariwisata Internasional (STEIN), Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the atmosphere on the perceived authenticity of the restaurant and word of mouth. The population in this study were customers of Tom Sushi Restaurant in April–June 2022. The sample used in this study was 215 res­pon­dents using a purposive sampling method with questionnaires that had been tested for validity and reliability. Data analysis using SEM with Lisrel 8.80 The results of this study indicated that social factors had no significant effect on perceived restaurant authenticity and design fac­tors had no significant effect on perceived restaurant authenticity. Meanwhile, envi­ron­mental factors had a significant effect on perceived restaurant authenticity. On the other hand, perceived restaurant authenticity had a significant effect on word of mouth. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penelitian ini bertujuan untuk meng­ana­lisis dan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atmosfer pada keaslian res­to­ran yang dirasakan dan dari mulut ke mulut. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Restoran Tom Sushi pada bulan April–Juni 2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 215 responden menggunakan metode purposive sampling dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan SEM dengan Lisrel 8.80 Hasil penelitian ini menunjukkan faktor sosial tidak berpengaruh signifikan pada per­ceived restaurant authenticity dan faktor desain tidak berpengaruh signifikan pada perceived restaurant authenticity. Sementara itu faktor lingkungan berpengaruh signifikan pada per­ceived restaurant authenticity. Di sisi lain, perceived restaurant authenticity berpengaruh sig­nifikan pada perceived restaurant authenticity.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

“IDEI: JURNAL EKONOMI & BISNIS” diterbitkan oleh Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI) dengan tujuan sebagai wadah diseminasi hasil penelitian, hasil kajian konseptual, dan hasil pengabdian masyarakat. Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun pada periode Juni dan Desember ...