Jurnal Amal Pendidikan
Vol 3, No 3 (2022): Edisi Desember 2022

Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkat Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar

Sartika Sartika (STKIP Rokania)
Sinta Nia (STKIP Rokania)
Rejeki Rejeki (STKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini diharapkan dapat menambah referensi dan mendesain pembelajaran dengan metode scramble yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini  adalah seluruh kelas VI SD Negeri 001 Bangun Purba sebanyak 48 Siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode scramble. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 76 dengan ketuntasan klasikal 75% meningkat pada siklus II menjadi 86 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Sehingga dapat dikatakan hasil tes ulangan harian dinyatakan tuntas dan telah mencapai target penelitian. Kesimpulan hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan terbukti menjawab tujuan penelitian yaitu penerapan  metode scramble untuk meningkatkan pembelajaran Tematik di SD Negeri 001 Bangun Purba dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...