Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2022)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 RUKUWA

Rahmi Maimun Zilla (Universitas Halu Oleo)
Sakka Hasan (Universitas Halu Oleo)
Lisnawati Rusmin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Prosedur penelitian yaitu : (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat persentase ketuntasan 38,09% atau 8 orang siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 59,04 dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 90,47% atau 19 orang siswa dengan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 80,47. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku di SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi, setelah melihat hasil penelitia  diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick menjadi lebih baik lagi ke depannya.Kata Kunci:  model pembelajaran; talking stick; hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...