Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Prosedur penelitian yaitu : (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Hasil analisis penelitian pada siklus I terdapat persentase ketuntasan 38,09% atau 8 orang siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 59,04 dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 90,47% atau 19 orang siswa dengan nilai rata-rata siswa pada siklus II yaitu 80,47. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku di SD Negeri 1 Rukuwa Kabupaten Wakatobi, setelah melihat hasil penelitia diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick menjadi lebih baik lagi ke depannya.Kata Kunci: model pembelajaran; talking stick; hasil belajar
Copyrights © 2022