Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2022)

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DENGAN TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS 5 MI BONE KANCITALA

Satriani Satriani (Universitas Halu Oleo)
Lisnawati Rusmin (Universitas Halu Oleo)
Sakka Hasan (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar pkn dengan tema 7 peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas 5 MI Bone Kancitala Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian  One Group Pretest-Postest Design. Alur penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian pretest kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  MI Bone Kancitala dan sampel  penelitian ini adalah  kelas V sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah  teknik tes, yaitu berupa pemberian instrumen tes pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan berupa soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis deskritif pada  Pretest  diperoleh nilai rata-rata 48,9 dan pada Postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,0  sedangkan analisis inferensial sebelum dilakukan hasil analisis inferensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunkan uji-t  satu sampel ( One Sample Test). Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh  N- Gain hasil belajar siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan distribusi normal nilai Sig =0,626 >0,05, dengan  a = 0,05 dapat disimpukan bahwa  pendekatan saintifik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar PKn dengan tema 7 peristiwa dalam kehidupan siswa kelas V MI Bone Kancitala Kabupaten Muna.Kata Kunci:  Pendekatan saintifik; hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...