Madaniya
Vol. 3 No. 4 (2022)

Pelatihan Lesson Study sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik bagi Guru Pondok Pesantren Wihdatul Ulum

Rizkariani Sulaiman (Universitas Muslim Indonesia)
Rusdiah Rusdiah (Universitas Muslim Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Pelatihan Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru mitra. Pelatihan ini dilaksanakan dengan menerapkan beberapa metode: diawali dengan pemaparan umum mengenai prinsip dan unsur pelaksanaan Lesson Study¸ tantangan pendidikan abad 21 yang menekankan pembelajar abad 21 dengan profil pelajar Pancasila, memiliki kemampuan berpikir kritis (HOTS) dan character building; sesi tanya jawab untuk memperjelas pemaparan materi; kemudian pelatihan dilanjutkan dengan simulasi penerapan langkah–langkah Lesson Study yang terdiri tahap Plan (pemateri bersama guru mitra menyusun Lesson Design dengan mempertimbangkan tiga hal: memberikan gambaran secara komprehensif tentang pelaksanaan pembelajaran, memprediksi respon siswa, antisipasi guru atas respon siswa atau scaffolding); tahap Do atau Open Class, pada tahap ini guru model melaksanakan proses belajar mengajar dengan menggunakan Lesson Design yang telah disusun pada tahap Plan dan diobservasi oleh guru, dosen, kepala MTs dan MA, selanjutnya tahap See, pada tahap ini guru model dan observer secara bersama- sama memberikan refleksi terhadap proses belajar mengajar atau open class yang telah dilaksanakan. Dari tahap refleksi ini ditemukan beberapa hal yang menjadi poin dan input terkait masalah belajar yang dihadapi siswa selama pembelajaran, metode, teknik dan pengajaran oleh guru model. Poin–poin dan input tersebut adalah temuan dan lesson learned yang menjadi masukan dan pertimbangan untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran selanjutnya. Dari hasil pengamatan dan evaluasi, sebagian besar guru yang melalui tahapan Lesson Study mampu menemukan lesson learned yang kemudian menjadi materi refleksi dan revisi bagi pengajaran masing–masing guru kemudian. Sebagai penguatan pelatihan, diberikan panduan pelaksanaan Lesson Study for Learning Community sebagai tahapan lanjutan pembentukan komunitas LSLC sebagai wadah baru bagi guru pondok pesantren Wihdatul Ulum agar tahapan Lesson Study terutama Open Class dapat dijadwalkan secara berkala.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...