JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 7, No 2 (2022): JPGI

Pendidikan multikultural dalam pembelajaran sejarah

Kartika, Suci (Unknown)
Khaidir, Afriva (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Indonesia merupakan wilayah dengan berbagai keragaman yang ada atau bisa disebut dengan multikultural. Begitu juga dalam dunia pendidikan, khususnya latar belakang budaya peserta didiknya yang beragam bisa menjadi pemicu terjadinya konflik di lingkungan masyarakat multikultural. Maka dari itu, Pendidikan multicultural ini diharapkan menjadi landasan untuk lebih mengedepankan toleransi dalam kehidupan masyarakat khususnya bagi peserta didik di sekolah. Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan multicultural dalam pembelajaran sejarah. Hal ini berkaitan dengan pembelajaran sejarah yang menjasi suatu kajian yang terkait dengan sifat dan kebiasaan manusia dari waktu ke waktu. Adapun kaitan Pendidikan multicultural dalam pembelajaran sejarah yaitu berguna untuk membantu menumbuhkan kesadaran multibudaya dan menyatukan berbagai perbedaan agar mampu hidup berdampingan dengan aman, damai dan Bahagia terutama peserta didik di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...