Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemanfaatan influencer sebagai media promosi pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan pada akun instagram @visitsulsel.id dan mengetahui kelebihan serta kekurangan penggunaan influencer sebagai media promosi pariwisata Sulawesi Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang sumber data primernya berasal dari hasil wawancara mendalam kepada pejabat dan staf Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer sebagai media promosi pariwisata provinsi Sulawesi Selatan terwujud karena kegiatan kerjasama kolaborasi antara Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan dan sponsor dalam mempromosikan pariwisata Selatan dengan kontrak formal dan semi formal melalui kegiatan fun trip dan diunggah ke akun sosial media masing-masing influencer serta akun Instagram @visitsulsel.id. Kelebihan pemanfaatan influencer pada Akun Instagram yaitu, informasi bisa langsung tersampaikan ke user; Insight pada sosial media meningkat; Adanya peningkatan wisataan yang akan terjadi; Dapat meningkatkan engagement rate Instagram @visitsulsel.id; Kemudahan mengakses dan memperoleh informasi terkait destinasi-destinasi wisata oleh calon wisatawan. Kekurangannya yaitu, belum adanya regulasi yang mengkaji terkait kegiatan digital promotion dan juga pelibatan influencer untuk kegiatan berpromosi; Tidak tersedianya anggaran yang dapat digunakan untuk membiayai kegiatan promosi dengan influencer di Sulawesi Selatan; Followers dari para influencer tidak dapat diketahui apakah sesuai atau tidak dengan target pasar.
Copyrights © 2022