Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan
Vol 6 No 2 (2022)

KOLABORASI AKADEMISI DAN KOMUNITAS MASJID EMPAT PILAR DALAM PELATIHAN REMAJA MASJID 2.0 DI KAMPUNG CAPING KOTA PONTIANAK

Sri Maryuni (Unknown)
Widha Anistya Suwarso (Unknown)
Adityo Darmawan Sudagung (Unknown)
Rusdiono Rusdiono (Unknown)
Pardi Pardi (Unknown)
Veronica Putri (Unknown)
Arrum Aura Islam (Unknown)
Hendra Ramdhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan kolaborasi antara akademisi dan komunitas sosial dalam melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis masjid. Beberapa tahun ke belakang, Badan Intelejen Nasional (BIN) Republik Indonesia mengeluarkan rilis bahwa radikalisme telah menyebar di kalangan masjid. Keberadaan remaja masjid sering kali masih belum menjadi perhatian untuk membendung radikalisme yang banyak menyasar anak muda. Kampung Caping dirancang untuk menjadi destinasi wisata terpadu dengan kearifan lokal yang menyediakan beragam paket wisata di satu tujuan. Kemungkinan meningkatnya pengunjung dari banyak kalangan dan asal lokasi membuat kawasan tersebut perlu untuk disiapkan penyangga, khususnya dalam hal penyebaran isu radikalisme. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode kolaborasi antara komunitas sosial dan akademisi, melalui ceramah dan diskusi terpimpin. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa upaya menyambung ilmu di kalangan akademisi dengan perantara komunitas sosial berhasil dilakukan. Pola komunikasi dan pendekatan yang lebih membumi membuat sambutan dari warga lokasi kegiatan sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diklatreview

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Jurnal Diklat Review (Online ISSN: 2598-6449| Print ISSN : 2580-4111) published by Komunitas Manajemen Kompetitif. This journal published thrice in April, Agustus dan December. It contain the articles such as scientific papers (research and non-research), analytical studies, theoretical applications ...