JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 3 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Pemanfaatan Media Kartu Ion terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Nama Senyawa

Mariaty Tada (Universitas Katolik Widya Mandira)
Hironimus C. Tangi (Universitas Katolik Widya Mandira)
Erly Grizca Boelan (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ilmu kimia yang bersifat abstrak sehingga banyak peserta didik menganggap bahwa ilmu kimia sulit untuk dipelajari. Fakta tersebut ditemukan pada peserta didik kelas X MIPA SMA Santo Arnoldus Janssen Kupang dimana hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik sulit mengerti materi kimia. Tujuan dalam penelitian ini adalah agar lewat pemanfaatan media kartu ion dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Arnoldus Janssen Kupang pada tanggal 28 Maret 2022 terhadap 18 orang peserta didik. Analisis data menggunakan validasi media kartu ion yang dinyatakan sangat valid, lembar observasi keterlaksanaan RPP dengan nilai reliabilitas 0,96 dengan kategori baik, respon peserta didik terhadap pemanfaatan media kartu ion dengan rata-rata 83,05 kategori sangat baik, tes hasil belajar dengan rata-rata sebesar 82,27 dengan kategori tuntas dan adanya pengaruh antara respon terhadap hasil belajar peserta didik dimana Fhitung ≥ Ftabel yakni 20,111≥4,49.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...