JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Efektivitas Modul Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif Pokok Bahasan Listrik Dinamis

Rachmat Rizaldi (Universitas Islam Sumatera Utara)
Ulil Amri (SMAN 1 Gunung Toar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Pentingnya Pengembangan kompetensi Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan dalam proses pembelajaran merupakan Tuntutan Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan Saintifik. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas bahan Ajar dalam bentuk Modul Fisika berbasis model pembelajaran Generatif pokok bahasan Listrik Dinamis. Metode dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan analisis kuantitatif, yaitu melalui evaluasi aktivitas belajar peserta didik untuk mengetahui apakah produk dapat digunakan mencapai tujuan yang efektif dalam meningkatkan kualitas dan prestasi belajar peserta didik. Efektivitas yang diamati adalah aktivitas belajar peserta didik menggunakan Modul Fisika berbasis Model pembelajaran Generatif pokok bahasan Listrik Dinamis. Instrumen yang digunakan adalah Lembar penilaian kompetensi Pengetahuan, Sikap, dan keterampilan. Hasil Analisis efektivitas Modul Fisika dilihat dari analisis hasil belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh pada aspek pengetahuan adalah 84,4. Untuk aspek penilaian sikap dengan nilai rata-rata 75,3 berada dalam kategori efektif, dan nilai rata-rata peserta didik pada aspek keterampilan adalah 74,8 berada dalam kategori efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...