Jurnal Dharma Duta
Vol 19 No 2 (2021): Dharma Duta : Jurnal Penerangan agama Hindu

Komunikasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

I Komang Mertayasa (Institut Agama Hindu Tampung Penyang Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Guru sebagai tenaga professional pada pembelajaran daring dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengkonunikasikan materi pembelajaran kepada siswa. Proses tersebut memiliki berbagai macam kendala sehingga guru perlu untuk memahami strategi dalam penyampaian materi sebagai bagian dari proses komunikasi pembelajaran. Proses komunikasi pembelajaran melibatkan antara pendidik dan peserta didik, komunikasi pembelajaran akan dapat berlangsung efektif apabila terdapat kesamaan persepsi antara orang yang terlibat dalam komunikasi. komunikasi pembelajaran yang komunikatif apabila peserta didik dan pendidik saling memahami tentang apa yang dikomunikasikan. Proses komunikasi pembelajaran pada masa pandemic covid-19 layaknya pembelajaran pada umumnya melibatkan beberapa kompenen penting yaitu Guru, Materi, Media/Metode/Strategi, Siswa, efek dan feedback. Bagian-bagian tersebut memiliki keterkaitan dan saling mendukung dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Proses dari bagian tersebut membentuk sebuah lingkaran yang sebagai sebuah proses yang tidak terputus. Guru memberikan materi hingga sampai proses evaluasi, akan kembali kepada guru sebagai bahan untuk melakukan rencana tindak lanjut untuk memperbaiki pembelajaran, demikian seterusnya hingga pencapaian tujuan pendidikan yang maksimal. Dari keseluruhan bagian guru memiliki peran penting, sehingga keberhasilan pembelajaran tergantung pada kemampuan dan profesionalisme guru. Pencapaian hasil pembelajaran sangat tergantung pada kreativitas guru sebagai communicant dan kesiapan siswa sebagai penerima materi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Dharma-duta

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Dharma Duta (JDD) is a peer-reviewed open-access journal and follows a double-blind review policy. The Journal is scheduled for publication biannually, This journal contains articles in the fields of Communication Science, Communication Technology, Communication Management, Communication ...