Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2022)

Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education SMP

Dahlia wansurni (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH)
Nuralam Syamsuddin (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH)
susanti susanti (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajarkan melalui pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh, terdiri dari dua kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa thitung = 11,7 dan ttabel =1,68 maka terima H1 tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan RME lebih baik daripada pembelajaran konvensional.Kata kunci : RME, Kemampuan Pemahaman Konsep

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...