Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU)
Vol 1 No 1 (2021)

PENGARUH INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI: PENGARUH INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Eunike Rose Mita Lukiani (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Tjetjep Yusuf Afandi Tjetjep (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Zainal Arifin Zainal (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Bayu Surindra Bayu (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Elis Irmayanti Elis (Universitas Nusantara PGRI Kediri)
Efa Wahyu P Efa (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa Instagram berkontribusi aktif dalam membentuk perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi, yang ternyata pengaruh ini belum disadari oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri yang notabene didik menjadi guru ekonomi. Adapun metode penelitian ini Mix Method, kuantitatif dan Kualitataif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang kemudian diolah uji korelasi sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 hal dalam Instagram yang memicu perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, diantaranya: 1)Durasi, 2)Frekuensi, 3)Following, 4)Follower, 5)Hal yang dinggah. Mengingat besarnya kerugian perilaku konsumsi yang irasional, maka hasil temuan ini penting untuk dipublikasikan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpeaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan) merupakan jurnal open access yang menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian bidang keilmuan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewirausahaan dan Ilmu Ekonomi. JPEAKU memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, ...