cover
Contact Name
Eunike Rose Mita Lukiani
Contact Email
eunikemita@gmail.com
Phone
+6285736138961
Journal Mail Official
jpeaku@unpkdr.ac.id
Editorial Address
KH. Achmad Dahlan Street, No. 76 Mojoroto - Kediri City 64112.
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi, Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU)
ISSN : 27989372     EISSN : 28075420     DOI : https://doi.org/10.29407/jpeaku
Core Subject : Economy, Education,
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan) merupakan jurnal open access yang menerbitkan artikel berbasis hasil penelitian bidang keilmuan Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewirausahaan dan Ilmu Ekonomi. JPEAKU memberi kontribusi pada pemahaman, peningkatan, pengembangan, inovasi, pendidikan, pembelajaran dan teori ilmu ekonomi di Indonesia.
Articles 31 Documents
PENGARUH INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI: PENGARUH INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Eunike Rose Mita Lukiani; Tjetjep Yusuf Afandi Tjetjep; Zainal Arifin Zainal; Bayu Surindra Bayu; Elis Irmayanti Elis; Efa Wahyu P Efa
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.924 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i1.16285

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa Instagram berkontribusi aktif dalam membentuk perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi, yang ternyata pengaruh ini belum disadari oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri yang notabene didik menjadi guru ekonomi. Adapun metode penelitian ini Mix Method, kuantitatif dan Kualitataif. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang kemudian diolah uji korelasi sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 hal dalam Instagram yang memicu perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri, diantaranya: 1)Durasi, 2)Frekuensi, 3)Following, 4)Follower, 5)Hal yang dinggah. Mengingat besarnya kerugian perilaku konsumsi yang irasional, maka hasil temuan ini penting untuk dipublikasikan
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI MASA PANDEMI COVID-19: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI MASA PANDEMI COVID-19 Eryani Wahyuningtyas Eryani; Febrianto Febrianto
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.517 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i1.16286

Abstract

Dengan adanya pandemi covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia pada saat ini, pemilihan media belajaran yang tepat diharapkan mampu meningkatan efektifitas pembelajaran di kelas. Untuk itu tujuan dari kegiatan penelitian yaitu untuk mengetahui efektifitas penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran akuntansi terutama pada masa pandemi covid-19. Metode penelitiannya yaitu dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahap rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Selain itu digunakan juga analisis data komparatif untuk mengetahui adanya perbedaan dari hasil belajar yang dilakukan siswa sebelum dengan sesudah tindakan. Hasil penelitian yaitu hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari setiap siklusnya, pada siklus pra tindakan ketuntasan klasikan sebesar 76%, mengalami kenaikan pada siklus pertama menjadi 81%, dan siklus ke-2 mengalami kenaikan menjadi 87%. Dan hasil dari uji komparatif menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 sehingga adanya perbedaan yang signifikan dari hasil belajar yang dilakukan siswa sebelum-sesudah adanya penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran akuntansi. Sehingga pembelajaran akuntansi dengan menerapkan media belajar whatsapp dapat berjalan dengan efektif
MELATIH KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK MELALUI PEMASARAN ONLINE: MELATIH KARAKTER KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK MELALUI PEMASARAN ONLINE Tri Winarsih Winarsih; Yono Dwi Widodo Yono
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.231 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i1.16287

Abstract

Guna menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan siswa SMK bukanlah hal yang mudah apalagi mereka masih berusia belia di mana aktivitasnya masih banyak dipengaruhi dengan dunia bermain dengan teman-teman sepergaulannya. Namun bukan berarti ini tidak mungkin dilakukan. Di sinilah peran guru khususnya pengampu mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) sangat dituntut kreatifitasnya sehingga siswa mau mencoba menjadi wirausaha. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha adalah dengan melatih karakter siswa menjadi wirausaha.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan cara melatih karakter wirausaha siswa SMK melalui pemasaran online. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan dari beberapa siswa memulai usahanya dengan melakukan pemasaran online. Hasil yang diperoleh dari 33 siswa yang melaksanakan praktek kewirausahaan, ternyata mayoritas memasarkan produknya berupa kuliner yaitu 28 orang, sementara empat orang memasarkan produk kosmetik dan satu orang memasarkan produk aksesoris. Dari seluru hsiswa yang telah memasarkan produknya tersebut memang tidak semuanya mendapatkan laba. Hal ini dapat dilihat ada 9 siswa yang tidak mendapatkan laba, sedang 24 siswa yang lain mendapatkan laba yang bervariasi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan beberapa siswa tidak mendapatkan laba yaitu karena kurang telaten, salah dalam memperhitungkan harga jual dan konsumen kurang berminat dengan produk yang dipasarkan
META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN (SMA/SMK): META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN (SMA/SMK) Endah Ratnawati Ratnawati
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.092 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i1.16288

Abstract

Penelitian dengan pendekatan meta analisis ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA/SMK. Metode penelitian yang digunakan berkategori penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data sampel penelitian ini sebanyak 13 artikel yang diperoleh dari jurnal nasional dan internasional yang terakreditasi. Pengolahan data penelitian digunakan uji statistic berupa uji normalitas dan uji sampel t berpasangan melalui aplikasi SPSS 26, selanjutnya setiap data dihitung nilai Effect Size-nya. Berdasarkan hasil pengilahan data disimpulkan bahwa model pembelajaran inovatif berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA/SMK. Model pembelajaran PBL memiliki pengaruh paling besar diantara model pembelajaran yang lain, diikuti oleh model pembelajaran CTL dengan nilai Effect Size yang hampir sama. Model pembelajaran PBL dan CTL ini terbukti paling efektif dibandingkan model pembelajaran inovatif lainnya. Temuan lainnya bahwa model pembelajaran inovatif juga berpengaruh tinggi terhadap motivasi belajar, berpikir kritis, keterampilan berbicara dan keterampilan analisis
MOTIVASI KAUM MILENIAL ALUMNI MAN 1 NGANJUK MEMULAI TREND BISNIS E-COMMERCE DI MASA PANDEMI COVID-19 Amin Kusyati Amin
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.52 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i1.16289

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis motivasi kaum milenial alumni Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Nganjuk dalam memulai bisnis e-commerce pada masa Coronavirus disease 2019 (COVID-19). Pandemi Covid-19 sedang melanda Indonesia dan memberikan dampak bagi seluruh aspek terutama aspek ekonomi dan bisnis. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang dari tahun ketahun semakin canggih, menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Masyarakat Indonesia terutama kaum milenial mulai berbisnis secara online menggunakan e-commerce. Tulisan ini menyajikan informasi mengenai motivasi kaum milenial alumni MAN 1 Nganjuk memulai trend bisnis e-commerce di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pusposive sampling. Berdasarkan hasil wawancara pada 10 siswa alumni MAN 1 Nganjuk, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal yaitu untuk mengisi waktu luang dan keinginan untuk menghasilkan uang. Sedangkan motivasi eksternal yaitu adanya peluang yang besar untuk berbisnis di masa pandemi Covid-19.
Pengaruh Pendidikan Perkoperasian dan Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Partisipasi Anggota Pada Koperasi BMJH Besuki Tulungagung Nur Aini; Muhammad Anasrulloh
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.802 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i2.16665

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan perkoperasian dan kualitas pelayanan koperasi terhadap partisipasi anggota pada Koperasi BMJH Besuki Tulungagung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh angggota Koperasi BMJH besuki Tulungagung yang berjumlah 65 anggota. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan hasil 55 anggota. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan Kuisioner. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji instrument, uji asumsi klasik, uji analisis linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 26,6% partisipasi anggota dipengaruhi oleh pendidikan perkoperasian dan kualitas pelayanan koperasi dan 73,4% diperngaruhi oleh variabel lain.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PADA NADZIRA WEDDING ORGANIZER TULUNGAGUNG Kristal Sauzhana Putri Sahroma; Moh. Anasrulloh
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.342 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i2.16670

Abstract

Sauzhana, Kristal. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung. Pembimbing Muhammad Anasrulloh S.Pd, M.M. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pengguna Jasa. Nadzira Wedding Organizer merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa yaitu wedding organizer yang menyediakan jasa untuk melayani acara pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pengguna jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda uji t dan uji F. Penyusunannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung dengan presentase 50,1%. Nilai signifikan untuk Pengaruh Kualitas Pelayanan(X1) terhadap Kepuasan Pengguna Jasa (Y) adalah sebesar thitung > ttabel (5,026 > 2,002) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Nilai signifikan untuk Pengaruh Promosi (X2) terhadap Kepuasan Pengguna Jasa (Y) diketahui bahwa uji t diperoleh thitung 2,935 > ttabel 2,002. Nilai signifikansi 0,005 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara Promosi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Nadzira Wedding Organizer. Dan nilai signifikansi antara Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) terhadap Kepuasan Pengguna Jasa (Y) adalah sebesar Fhitung > Ftabel ( 28,562 > 3,81) Berdasarkan hasil signifikansinya, 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Promosi (X2) berpengaruh secara simultan terhadap variabel Kepuasan Pengguna Jasa (Y).
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KOPERASI BAITUL MAAL JAWAAHIRUL HIKMAH BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG Rohadatul Aisy; Moh Gufron
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.534 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i2.16697

Abstract

Kualitas pelayanan adalah ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang di berikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Kunci untuk memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik adalah memenuhi atau melebihi ekspektasi kualitas pelayanan pelanggan sasaran. Jadi tingkat kepuasan merupakan fungsi perbedaan antara kinerja yang di rasakan oleh harapan, jika kinerja yang di rasakan di bawah harapan maka konsumen merasa tidak puas, sedangkan jika kinerja yang di rasakan sesuai dengan harapan atau bahkan melalui harapan maka konsumen akan merasa sangat puas. Ppeneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen di Koperasi Baitul Maal Jawaahirul Hikmah” untuk mengetahui seberapa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pembelian konsumen di koperasi Baitul Maal Jahirul Hikmah. Metode penelitian penelitian ini adalah angket, dengan kualitas pelayanan (X) dan kepuasan konsumen(Y). Dari analisis data diketahui uji t nilai () 46.529 > 1.663 () dengan nilai signifikasi 0.000 < nilai probabilitas .0.05, Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh positif yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di koperasi Baitul Maal.
ANALISIS PENGANGGURAN DAN KESEMPATAN KERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 Bayu Surindra; Martia Winda Artantri; Rr. Forijati; M. Anas
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.455 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i2.16965

Abstract

Analisis pengangguran dan kesempatan kerja yang ada di Indonesia terutama pada masa pandemic covid19 merupakan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. Metode penelitian dalam penelitian yang dilakukan kali ini yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif, dimana data berasal dari data sekunder yaitu data yang sudah disediakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik). Hasil penelitian yaitu 1) Tingkat pengangguran terbuka berdasarkan jenis kelamin dominasi oleh laki-laki dari pada perempuan dari tahun 2018-2020; 2) Rata-rata pengangguran terbuka yang ada di Indonesia pada terutama pada bulan februari di tahun 2020 tingkat pengangguran sebesar 4,92% meningkat menjadi 6,26% pada tahun 2021; 3) Jumlah pengangguran pada bulan agustus 2019 dan agustus 2020 mengalami peningkatan sebesar 1,84%; 4) Proporsi lapangan pekerjaan informal pada sector non-pertanian berdasarkan pada kelompok umur mengalami peningkatan dari tahun 2019 meningkat pada tahun 2020 sebesar 4,73%; 5) Proporsi lapangan kerja informal sector non-pertanian didominasi oleh jenjang pendidikan < SD dengan rata-rata dari tahun 2017-2019 sebesar 66,22%, sedangkan tingkat pendidikan universitas untuk bekerja di lapangan kerja informal jumlahnya cukup rendah yaitu dari tahun 2017-2019 rata-ratanya sebesar 11,20%; dan 6) proporsi lapangan pekerjaaan informal sector non-pertanian didominasi oleh daerah tempat tinggal pedesaan dengan rata-rata dari tahun 2018-2020 sebesar 54,67%, sedangkan untuk daerah perkotaan yang kerja informal sector non-pertanian lebih kecil yaitu dari tahun 2018-2020 rata-ratanya sebesar 41,15%.
PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM (QUANTUM TEACHING AND LEARNING) MATA PELAJARAN DASAR-DASAR AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK Susmawati Ellis
JPEAKU (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan) Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.408 KB) | DOI: 10.29407/jpeaku.v1i2.17300

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktifitas siswa, teknik analisis data statistik deskriptif: prosentase dan rata-rata. Hasil penelitian siklus pertama motivasi dan aktifitas peserta didik dengan kategori 60 % kurang dan 40 % cukup. Test hasil belajar nilai 40 % kurang dan 60 % cukup. Hal ini disebabkan peserta didik belum terbiasa dengan pembelajaran model quantum teaching. Siklus ke dua pelaksanaan pembelajaran dengan model quantum teaching ditambah dengan metode ceramah dimana guru masih menjelaskan hal-hal yang penting menghasilkan motivasi dan aktifitas siswa 40 % berkategori cukup dan 60 % berkategori baik. Sedang test hasil belajar 40 % siswa mempunyai nilai cukup dan 60 % siswa mempunyai nilai baik. Siklus ke tiga pembelajaran model quantum teaching siklus ketiga 40 % siswa mempunyai motivasi dan aktifitas dengan kategori baik dan 60 % siswa mempunyai motivasi dan aktifitas dengan kategori baik sekali. Sedang test hasil belajar 60 % siswa mempunyai nilai baik dan 40 % siswa mempunyai nilai baik sekali. Hal ini disebabkan siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran model quantum teaching. Test hasil belajar dalam bentuk ketuntasan belajar baik secara individu maupun kelas berkategori baik sekali karena mencari pengetahuan melalui motivasi dan aktifitas yang tinggi dalam pembelajaran

Page 1 of 4 | Total Record : 31