Instructional Development Journal
Vol 5, No 2 (2022): IDJ

Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir

Musmulyadi Musmulyadi (Universitas Riau)
Caska Caska (Universitas Riau)
Zulfam Saam (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan 48 responden dari 54 orang SMP yang berada di Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data ditemukan ada pengaruh positif dan signifikan pelaksanaan supervisi akademik dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir adalah 18,1%, sedangkan sisanya sebesar 81,9% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...