MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

Kemampuan Matematis Mahasiswa Berdasarkan Gender

Ari Hestaliana R (Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) An-nur Nanggroe Aceh Darussalam)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Kemampuan matematis laki-laki dan perempuan berbeda. Pada saat menyelesaikan soal, laki-laki mengerjakan secara ringkas dan sulit dalam menjelaskan solusi/jawabannya. Sedangkan perempuan mengerjakan soal dengan cara panjang serta mudah dalam menjelaskan solusinya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan matematis antara laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis dilakukan dengan pengujian statistik berupa uji-t independen dengan taraf signifikansi adalah 5%. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis data tidak ada perbedaan secara signifikan kemampuan matematis laki-laki dan perempuan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. Kata-kata kunci: Kemampuan Matematis, Gender, Mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...