Abstrak: Salah satu kemampuan yang dituntut dalam NCTM adalah kemampuan komunikasi matematis, namun berdasakan penelitian awal kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa mengakibatkan peserta didik tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggapnya sebagai pelajaran yang sulit. Solusi agar peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan baik salah satunya dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-11 MtS Negeri 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini dipilih enam siswa yang terdiri dari dua siswa pada kategori tinggi, dua siswa kategori sedang, dan dua siswa kategori rendah berdasarkan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang dalam memecahkan masalah matematika memenuhi ketiga indikator, yaitu (1) kemampuan mengekspresikan ide matematika melalui lisan,tertulis, mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual; (2) Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya; (3) Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan rendah yaitu siswa S1 memenuhi dua indikator dan siswa S2 hanya memenuhi satu indikator. Kata Kunci: Komuniakasi Matematis, Pendidikan Matematika Realistik
Copyrights © 2022