MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 9, No 2 (2022): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MtS melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik

Sulastri Sulastri (Dosen STIS Ummul Ayman)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Salah satu kemampuan yang dituntut dalam NCTM adalah kemampuan komunikasi matematis, namun berdasakan penelitian awal kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa mengakibatkan peserta didik tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggapnya sebagai pelajaran yang sulit. Solusi agar peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan baik salah satunya dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-11 MtS Negeri 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini dipilih enam siswa yang terdiri dari dua siswa pada kategori tinggi, dua siswa kategori sedang, dan dua siswa kategori rendah berdasarkan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan  tinggi dan sedang dalam memecahkan masalah matematika memenuhi ketiga indikator, yaitu (1)  kemampuan mengekspresikan ide matematika melalui lisan,tertulis, mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual; (2) Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya; (3) Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan rendah yaitu siswa S1 memenuhi dua indikator dan siswa S2 hanya memenuhi satu indikator. Kata Kunci: Komuniakasi Matematis, Pendidikan Matematika Realistik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...