OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol. 6 No. 2 (2022): Oikos : Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi

PENGARUH PELATIHAN, PENGEMBANGAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU: Survey pada Guru di SMAN 1 Bandung

Yudho Ramafrizal (Unknown)
S. Marten Yogaswara (Universitas Pasundan)
Veri Aryanto Sopiansah (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2022

Abstract

Sebagai salah satu upaya investasi SDM di era globalisasi IPTEK, pendidikan menjelma sebagai kebutuhan, dalam proses pemenuhan pendidikan dan teknologi tersebut menuntut seorang guru memiliki kompetensi yang sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. Tujuan tersebut akan tercapai apabila manajemen organisasi sekolah memilih tenaga didik yang berpengalaman, selain itu juga memberikan fasilitas pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kompetensi tenaga didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial, simultan dan dominan antara pelatihan, pengembangan dan pengalaman kerja terhadap kompetensi guru di SMAN 1 Bandung. Hasil Uji F pada penelitian ini menunjukkan 30.919 > 2.99, yang artinya secara simultan terdapat pengaruh signifikan yang kuat antara variabel Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja terhadap Kompetensi. Secara parsial hanya variabel Pelatihan dan Pengalaman Kerja yang berpengaruh terhadap Kompetensi, Hasil pada penelitian juga menunjukkan bahwa Pengalaman Kerja memiliki pengaruh dominan terhadap Kompetensi Kerja. Dampak penelitian ini diharapkan menjadi perhatian bagi setiap sekolah guna meningkatkan kompetensi guru dengan cara sesuai hasil penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

oikos

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi is a scientific journal in Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan that serves as a media for publication of ideas, studies and quality research results related to Economic and Economic Education ...