JURNAL AGRICA
Vol. 15 No. 2 (2022): JURNAL AGRICA

Analisis Rantai Nilai dan Efisiensi Pemasaran Buah Merah (Pandanus conoideus Lamk.) di Provinsi Papua Barat

Eva Maya Sari (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Sitti Hadijah Samual (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Rizal Chandra Maulana (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Nikadek Nur Ariska Maulina (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Yusup Sopian (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Tanaman buah merah (Pandanus conoideus Lamk.) merupakan salah satu komoditas lokal unggulan Papua Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai nilai dan efisiensi pemasaran buah merah di Papua Barat. Penelitian ini dilakukan di tiga kabupaten yaitu kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, dan Sorong Selatan. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner terhadap petani, pedagang dan konsumen dengan menggunakan teknik bola salju untuk nilai R/C ratio dan analisis rantai nilai. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai R/C ratio terbesar diperoleh petani (3,75), pengolah (2,2) dan distributor (1,3). Selain itu, terdapat 3 pola alur rantai nilai buah merah di Provinsi Papua Barat, yaitu pola Petani – Konsumen, Petani - Pengolah – Konsumen, dan Petani – Pengolah – Distributor – Konsumen. Tingkat keuntungan paling tinggi secara nominal diperoleh oleh pengolah minyak buah merah dan keuntungan terkecil diperoleh petani dengan 16,7 % farmer share pada pola saluran ke-3 dan 18,3% pada pola saluran ke-2. Ditinjau dari marjin pemasaran, marjin keuntungan, farmer share dan efisiensi pemasaran menunjukan pola alur rantai nilai ke-2 dan ke-3 telah efisien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agrica

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

AGRICA Journal of Agribusiness Agriculture which aims to container for researchers in the field of agribusiness agriculture to publish the results of research. Coverage of AGRICA includes agricultural economics, agricultural policy, marketing and banking, agribusiness entrepreneurship. AGRICA ...