Pelaksanaan pengelolaan kelas menjadi semakin penting bagi para guru di dunia pendidikan, terutama di masa pandemic ini para guru harus mempersiapkan pelaksanaan pengelolaan kelas secara online. Walau demikian pelaksanaan pengelolaan kelas tersebut tidak akan begitu kondusif seperti secara langsung, namun upaya tersebut untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa sangat penting selama masa pandemic ini belum selesai. Pembelajaran secara online di SMP PGRI Pangkalan ini memiliki tujuan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan belajar yang positif. Penelitian ini akan melihat fungsi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas untuk meningkatkan mutu pembelajaran online di SMP PGRI Pangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data merupakan strategi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil pada penelitian ini adalah 1) pelaksanaan pengelolaan kelas yang efektif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran online. sesuai dengan temuan penelitian ini. 2) pelaksanaan pengelolaan kelas menitikberatkan pada perencanaan, penggerakan, dan pengendalian untuk meningkatkan mutu pembelajaran siswa secara online. 3) guru menggunakan media online seperti Google meeting, zoom, dan classroom dalam pelaksanaan pengelolaan kelas sebagai standar evaluasi pembelajaran untuk melacak proses, kemajuan, dan perkembangan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022