Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Peningkatan Minat Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Kanty Puspita Sari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Fitri Puji Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Widodo Widodo (SD Negeri 01 Bangle)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPA materi siklus air melalui model Problem Based Learning kelas V SDN 02 Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket/kuisioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh presentase minat belajar siswa sebagai berikut, pra siklus sebesar 42,75%, siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 86%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...