Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 4 (2022): October

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 01 Sawangan Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023

Ela Etika (Universitas PGRI Semarang)
Iin Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)
Sugiman Sugiman (SD Negeri Pandean Lamper 01 Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif pembelajaran tematik kelas III SD Negeri 01 Sawangan. Sebesar 40% peserta didik telah mencapai KKM. Hal tersebut disebabkan kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang bervariasi saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan memecahkan permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran tematik sehingga tercipta perbaikan dan peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran luring yang baik. Selain itu untuk meningkatkan hasil belajar tematik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 01 Sawangan yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal 75%. Pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik yaitu 60% dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 80%. Berdasarkan hasil data tersebut penelitian yang dilakukan dinyatakan telah berhasil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...