Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah
Vol 6 No 1 (2022)

ANALISIS SOAL MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Adelina Efriyanti (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Nurul Astuty Yensy B (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Agus Susanta (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)
Nur Aliyyah Irsal (Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif tentang materi, dan Segitiga berdasarkan teori Taksonomi Bloom Revisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Teks Matematika Kelas VII Semeseter Genap Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang disusun oleh Abdur Rahman Asy'ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif. Instrumen yang digunakan lembar klasifikasi soal.Hasil penelitian pada materi Segiempat dan Segitiga adalah klasifikasi untuk enam tingkat kognitif soal memiliki komponennya yaitu C1-mempertimbangkan 3,37% (5 butir pertanyaan), C2-Memahami 18,92% (28 pertanyaan pertanyaan), C3-Mengaplikasikan 58, 11% (86 butir pertanyaan), C4-Menganalisis 18,25% (27 butir pertanyaan), C5-Mengevaluasi 1, Kata Kunci : Kurikulum 2013, Tingkat Kognitif, Teori Taksonomi Bloom  ABSTRAK The purpose of this research is to understand cognitive level of exercise question on Quadrilateral and Triangle topics according to  Revised Bloom’s Taxonomy Theory. 2017 revision of 2013 Curriculum Mathematics text book for 7thKelas, semester genap yang ditulis oleh Abdur Rahman Asy'ari, dkk dan diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, digunakan sebagai sumber data untuk penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tipe deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi soal. Hasil penelitian topik Segi Empat dan Segitiga ini analisis topik klasifikasi topik latihan soal untuk masing-masing komponen sebagai berikut: C1-Mengingat 3,37% (5 soal), C2-Memahami 18,92% (28 soal), C3 -Menerapkan 58 , 11% (86 pertanyaan), C4-Menganalisis 18,25% (27 pertanyaan), C5-Mengevaluasi 1,35% (2 pertanyaan) dan C6-Membuat 0% (tidak ada sama sekali). Kata Kunci : Kurikulum 2013, Tingkat Kognitif, Teori Taksonomi Bloom

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) memuat hasil-hasil penelitian ilmiah terkait upaya peningkatan mutu pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar dan ...