KOMPUTIKA - Jurnal Sistem Komputer
Vol 11 No 2 (2022): Komputika: Jurnal Sistem Komputer

Sistem Pemeringkatan Daerah (Kelurahan) Dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Alexander J.P. Sibarani (Unknown)
Fajar Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan salah satu peraturan yang dibuat oleh kementerian kesehatan (kemenkes) dalam rangka percepatan penanganan dan pengendalian virus covid-19. Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu kota yang terkena dampak penyebaran virus covid-19 dan perlu untuk menerapkan mekanisme pembatasan sosial terhadap warganya. Penelitian ini memanfaatkan nilai jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), Positif Covid-19, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, dan jumlah kematian untuk menghasilkan nilai pada sebuah kelurahan. Kemudian nilai dari seluruh kelurahan dihasilkan dan diperbandingkan untuk mengetahui kelurahan mana yang berada pada posisi tertinggi yang harus melakukan pembatasan sosial pada warganya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) yang mampu memberi bobot kepentingan pada tiap kriteria untuk menghasilkan pemeringkatan. Hasil akhirnya adalah sebuah aplikasi yang mampu memberikan peringkat seluruh kelurahan pada satu kota untuk dapat membantu mengambil keputusan dalam menentukan kelurahan apa yang harus melakukan pembatan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

komputika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Ilmiah KOMPUTIKA adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di bidang kelimuan bidang Sistem ...