JIES: Journal of Islamic Economics Studies
Vol. 3 No. 3 (2022): Oktober

Strategy of Islamic Marketing: Studi Kasus Pada Pariwisata Religi

Lutfi Agus Hermanzah (Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng)
Imam Sopingi (Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran Islam dalam upaya menjadikan pedagang yang sukses yang sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus menurut Robert K. Yin yang dimodifikasi sejalan dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits. Hasil dari penelitian ini terdapat lima strategi pemasaran Islam meliputi Strategi Online dan offline, peningkatan kualitas layanan, peningkatan kualitas barang, penitipan di tempat lain, dan adanya relasi yang baik dengan konsumen dan pedagang lain. Kelima strategi pemasaran di atas sesuai dengan cara berdagang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Islam; Pariwisata Religi; Studi Kasus

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jies

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jies fokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu ekonomi dan bisnis Islam dalam bentuk pemikiran/ide konseptual dan hasil penelitian meliputi: Filantropi Islam (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) Manajemen Rantai Pasokan Halal Etika Bisnis dan Kewirausahaan Islami Perbankan dan Keuangan Islam ...