Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer
Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer

Pengembangan Augmented Reality untuk Digital Branding Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Eka Altiarika (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Iswandi Iswandi (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Indah Sari (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini membangun sebuah aplikasi pengenalan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung dengan memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai sarana kekinian untuk meningkatkan pengenalan digital branding. Di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, aplikasi augmented reality hanya dapat diimplementasikan atau diakses dengan memanfaatkan teknologi mobile (smartphone) dan brosur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Metode Pengembangan desain yang digunakan adalah MDLC atau Multimedia Development Life Cycle. Desain penelitian MDLC ini memiliki enam tahapan yaitu: concept (konsepsi), Design (desain), Obtaining Content Material (pengumpulan material), Assembly (manufaktur), Testing (pengujian) dan distribusi. Kelebihan dari aplikasi ini adalah memiliki fitur pengenalan profil Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung yang mudah diakses dari ponsel. Penggunaan elemen Augmented Reality memberikan kesan bahwa Brand yang diciptakan menjadi lebih nyata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurnal berbasis Open Journal System (OJS) yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mohammad Husni Thamrin (UMHT) yang berisi artikel-artikel dengan topik Teknologi Informasi yang menampung ...