Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal kontekstual berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan literasi numerasi, tentang Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode tes dan wawancara. Penelitian ini tidak menggunakan pengumpulan sampel, tetapi dengan mengidentifikasi semua subjek berdasarkan aspek mengestimasi, menghitung, membandingkan, menyusun pola, menalar dan merepresentasikan informasi. Data dianalisis berdasarkan tahapan indikator literasi. Analisis data dilakukan berdasarkan tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari 30 subjek dikelompokkan menjadi 2 kemampuan matematika tinggi sebanyak 10% dan kemampuan matematika rendah sebanyak 90%. Hasil analisis data kemampuan literasi numerasi peserta didik Terlihat subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan soal dengan benar sedangkan subjek dengan tingkat kemampuan matematika rendah belum mampu menyelesaikan soal literasi numerasi dengan benar. Sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa mempengaruhi penyelesaian soal literasi numerasi.
Copyrights © 2022