eCo-Buss
Vol. 5 No. 2 (2022): eCo-Buss

Pengaruh Debt to Aset Ratio, Return on Aset dan Total Aset Turn Over Terhadap Financial Distress (Studi Empire Pada Perusahaan Sub-Industri Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018–2020)

Metta Susanti (Universitas Buddhi Dharma)
Limajatini Limajatini (Universitas Buddhi Dharma)
RR. Dian Anggraeni (Universitas Buddhi Dharma)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji, & menganalisis pengaruh Debt to Asset Ratio, Return on Asset Ratio, & Total Asset Turn Over terhadap Financial Distress studi empiris pada perusahaan industri sub sektor kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020 baik sebagian atau bersamaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausatif. Sehubungan dengan masalah dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Debt To Asset Ratio , Return On Assets & Total Asset Turn Over terhadap Financial Distress yang berasal dari laporan posisi keuangan dalam laporan keuangan perusahaan. Metode analisis data Least Square Panel dengan software Eviews digunakan dalam pengamatan ini. Pada pengamatan ini nilai Thitung < Ttabel (1,978) suatu angka yang berarti bahwa variabel bebas dalam model observasi ini secara parsial tidak berpengaruh terhadap variabel terikat. Padahal secara simultan terdapat nilai probabilitas 0,0000 < 0,05 yang artinya variabel independen dalam model observasi ini secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen. Nilai F pengamatan ini (24,8421 > Ftabel (2,6754) merupakan angka yang berarti bahwa variabel bebas dalam model pengamatan ini secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus on the development of economic sciences especially ECommerce and Business, both scientific and practical review, so it is expected to become a scientific medium for the creation of integration between theoretical studies and practical studies for the development of economic science in various ...