JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 8, No 1 (2022)

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Indeks Card Match Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Papan Statistika Di Kelas VIII MTsN 1 Bireuen

Hayatun Nufus (Unknown)
ERNA ISFAYANI (Unknown)
FAJRIANA FAJRIANA (Unknown)
AKLIMAWATI AKLIMAWATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Index Card Match dengan berbantuan media alat peraga papan statistika lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan berbantuan media alat peraga papan statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Bireuen, sedangkan yang menjadi sampel yaitu siswa kelas VIII/2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan VIII/5 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap kedua kelas.Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan software SPSS 25. Karena salah satu data berdistribusi tidak normal, maka data diolah menggunakanuji non parametric (mann whitney u). Sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil rata-rata skor N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,06 dan pada kelas kontrol yaitu 0,02. Sehingga dapat disimpulkan bahwapeningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran tipe Index Card Match dengan berbantuan media alat peraga papan statistika lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional dengan berbantuan media alat peraga papan statistika di kelas VIII MTsN 1 Bireuen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...