Techno-Fish
Vol 5 No 2 (2021): TECHNO-FISH

ANALISIS PEMASARAN KOMODITAS PERIKANAN TANGKAP DAN STRATEGI PENGEMBANGANNYA DI KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR (STUDI KASUS DI TEMPAT PELELANGAN IKAN TELENG)

Jefri Nugraha (Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo)
Buyung Purnomo Waluyo (Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo)
R. Sugeng Rahardjo (Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Kabupaten Pacitan memiliki potensi pesisir yang memadai, dengan panjang pantai70,710 km dan luas sampai 4 mil laut mencapai 523,82 kmĀ², membentang melewati 7kecamatan. Jenis komoditas perikanan tangkap yang diperoleh nelayan sangat bervariasi,yakni: ikan demersal, ikan pelagis besar, ikan pelagis kecil, dan udang. Aktivitas perikanantangkap ini juga didukung iadanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebagai sarana pemasaranhasil tangkapan nelayan, salah satu yang terbesar adalah TPI Teleng. TPI seharusnya dapatmemberikan perlindungan bagi nelayan dalam hal permainan harga yang bisa dilakukan parapedagang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan saluran pemasaran komoditashasil tangkapan di TPI Teleng; dan (2) merumuskan alternatif strategi pengembanganpemasaran hasil tangkapan di TPI Teleng untuk menunjang pengembangan perikanan tangkapdi Kabupaten Pacitan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deksriptif untuk menjelaskandistribusi dan pemasaran hasil tangkapan, serta analisis SWOT untuk merumuskan formulasistrategi pengembangan pemasaran. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa terdapatempat jenis saluran pemasaran di TPI Teleng. Perumusan strategi dari faktor internal diperolehtotal nilai sebesar 2,963 dan faktor eksternal sebesar 2,965. Menurut matriks IE, ini berartipemasaran hasil tangkapan TPI Teleng berada di sel lima (V), sehingga strategi terbaik adalahmempertahankan dan mempertahankan posisi yang telah dicapai selama ini. Alternatif strategiyang dapat dikembangkan adalah menarik investor untuk mendirikan pabrik pengolahan danekspor ikan di Pacitan, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya ikan yang ada dan menjagakelestariannya dengan memantau kegiatan penangkapan ikan, dan melengkapi fasilitas yangbelum tersedia untuk TPI Teleng, seperti gedung berpendingin, dan pasar ikan yangmenampilkan wisata kuliner bahari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

perikanan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal yang menyajikan artikel ilmiah yang berkenaan dengan aspek perikanan, mencakup biologi, fisiologi, ekologi, limnologi, oceanografi serta terapannya dalam bidang akuakultur, penangkapan, pengololahan hasil, pengelolaan pesisir, konservasi, agribisnis dan ...