Besaung : Jurnal Seni Desain dan Budaya
Vol. 7 No. 2 (2022)

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Repertoar Musik I untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kepekaan Individu Mahasiswa dalam Pertunjukan Paduan Suara di Prodi Sendratasik FKIP-Universitas Jambi

Ofa Yutri Kumala (Prodi Sendratasik, FKIP, Univ. Jambi)
Sri Ramadhanti (Prodi Sendratasik, FKIP, Univ. Jambi)
Ikhsan Satria Irianto (Prodi Sendratasik, FKIP, Univ. Jambi)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian penerapan model Project Based Learning (PjBL) adalah upaya menemukan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan dan kepekaan individu mahasiswa dalam pertunjukan paduan suara di Prodi Sendratasik, FKIP- Universitas Jambi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1). Apa langkah-langkah metodologis penyusunan bahan-bahan ajar yang sistematis dan disertai dengan pedoman pembelajaran yang mengantarkan pada pencapaian keutuhan CPL matakuliah Repertoar Musik I. 2). Bagaimana menerapkan model Project based Learning (PjBL) dalam melaksanaan bahan ajar yang sistematis pada pembelajaran mata kuliah Repertoar Musik I. Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan proses pembelajaran di Prodi Sendratasik, khususnya pada mata kuliah Repertoar Musik I pada Semester II. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bernyanyi dengan tema teknik vokal, pernafasan diafragma, artikulasi, dinamika, head voice dan timbre. Indikasi peningkatan tersebut tergambar dari meningkatnya rata-rata dari nilai belajar mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Besaung

Publisher

Subject

Arts Social Sciences

Description

Besaung is a scientific journal Visual Communication Design Study Program, Faculty of Government and Culture of the University of Indo Global Mandiri which includes the results of research, meetings, community service, conceptual coordination (thinking), and analytical studies in the fields of art, ...