Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 6, No 1 (2022)

PENGARUH KEAKTIFAN BERTANYA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Dita Rahmayanti (STKIP Modern Ngawi)
Djoko Hari Supriyanto (STKIP Modern Ngawi)
Tri Wardati Khusniyah (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

ABSTRAKBelajar adalah proses untuk merubah perilaku dan pola pikir sesorang. Upaya meningkatkan hasil belajar salah satunya adalah keaktifan bertanya siswa saat pembelajaran. Keaktifan bertanya siswa melalui diskusi kelompok lebih efektif. Penelitian dilakukan di SDN jogorogo 1. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan bertanya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah ekperimen. Desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian dilalukan pada siswa kelas VI dengan jumlah siswa kelas A sebanyak 23 anak dan kelas B sebanyak 23 anak. Hasil penghitungan denga menggunakan software SPSS versi 25 hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest 49.6 dan posttes 85.9 selisih 36.3. Nilai raata-rata kelas control pretest 56.7 dan posttes 80.4 selisih 23.7. Maka idapat disimpulkani bahwai selisih nilaii irata-rata kelasi eksperimeni lebihi besar darii inilai irata-rata kelasi control. Jika thitung>ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. H0 mendefinisikan tidak terjadinya pengaruh keaktifan bertanya dan Ha mendefinisikan terdapat pengaruh keaktifan belajar. Dalam tabel tersebut thitung>ttabel sehingga terdapat pengaruh keaktifan bertanya terhadap hasil belajar siswa. Nilai signifikansi menunjukkan 0.030 yang kurang dari 0.05 dapat diartikan terdapat pengaruh keaktifan bertanya terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Belajar, Hasil Belajar, Keaktifan Bertanya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...