JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 7, No 2 (2022)

Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Zoom dan WhatsApp Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi

Abdussalam Abdussalam (STKIP PGRI Bangkalan)
Siska Pratiwi (STKIP PGRI Bangkalan)
Ihwan Firmansyah (STKIP PGRI Bangkalan)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Ancaman wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 melanda Indonesia dan memberikan dampak pada berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Sebelum wabah melanda Indonesia, pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Namun saat ini, pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan whatsapp. Pembelajaran daring yang dilaksanakan di SDN Mlajah 2 Bangkalan menjadi terhambat karena terkendala jaringan siswa yang berada dilokasi kurang mumpuni untuk kelancaran jaringan, sehingga hal ini menghambat kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan aplikasi zoom dan whatsapp dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemi dan perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Aplikasi Zoom dan WhatsApp. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampelmenggunakan teknik “Cluster Sampling” dengan jumlah sampel sebanyak 50 dari kelas Va dan kelas Vb. Variabel pada penelitian ini yaitu variabel independent (Model pembelajaran Zoom dan WhatsApp) dan variabel dependen (hasil belajar). Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal tes untuk mendapatkan data tentang hasil belajar. Teknik analisis data berupa uji prasyarat yang terdiri atas uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran zoom terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai belajar siswa dari 60,20 menjadi 81,00; (b) terdapat pengaruh model pembelajaran whatsapp terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai belajar siswa dari 54,60 menjadi 75,80; (c) terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan aplikasi Zoom dan WhatsApp siswa kelas V SDN Mlajah 2 Bangkalan Bangkalan yang dibuktikan dengan hasil nilai Sig. yang diperoleh pada Independent Samples Test sebesar 0,005 < 0,05

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...