EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengaruh Model Index Card Macth pada Pembelajaran Tematik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Lasmaria Simbolon (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Radode Kristianto Simarmata (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Index Card Match yang bertemakan selalu hemat energi dan subtema energi alternatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Siswa kelas IV SD Negeri 125543 Pematang Siantar merupakan populasi dan sampel penelitian ini, yang berjumlah 30 orang. Teknik one group design digunakan untuk prosedur pengambilan sampel dalam penelitian ini. Untuk melakukan penelitian kualitatif, para akademisi biasanya mengandalkan penelitian alam sebagai sumber data utama mereka. Penulis penelitian ini menggunakan beberapa metode yang berbeda untuk mengumpulkan data, termasuk tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar di SD Negeri 125543 Pematang Siantar dengan instrumen penelitian yang digunakan menggunakan pre-test dan post-test pada kelas IV dengan sebanyak 30 responden dengan jumlah soal pre-test dan post test sebanyak 50 item yang terdiri dari pilihan ganda dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Dengan mendapatkan rata-rata skor post-test 20,07 lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test 10,43 dengan selisih skor 9,64, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa model Index Card Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas empat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...