EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Penggunaan Media Pembelajaran IPA Model POE (Predict Observe Explain) untuk Melatih Kemampuan HOTS Siswa SD

Anang Suranto Budi Wibowo (Universitas Negeri Surabaya)
Suryanti Suryanti (Universitas Negeri Surabaya)
Zainul Arifin Imam Supardi (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan satu kelompok eksperimen dengan perlakuan kemudian dibandingkan dengan kelas control yang tidak dikenai perlakuan. Pada desain penelitian peneliti menggunakan Pretest-Posttest Control Groub Design. Dalam penelitian ini kelas control dan kelas ekperimen mendapat Pretest-Posttest, namun hanya kelas ekperimen yang mendapat perlakuan (statement) dengan model pembelajaran POE. Penelitian ini dilakukan di SD Kreatif Insan Rabbani dan SD TPI Gedangan Sidoarjo. Hasil validasi yang diamati oleh validator ada empat aspek yang di teliti yakni aspek kesesuaian dengan model POE terdapat 5 pertanyaan dan hasilnya 88,5% dapat diindikasikan sangat layak, aspek isi hanya 4 pertanyaan dengan hasil 89,3% dikatakan sangat layak, aspek Bahasa ditanyakan dalam 5 pertanyaan yang menghasilkan 86,5% dapat dikategorikan sangat baik, dan aspek format melalui 5 indikator pertanyaan yang menunjukkan 86,5% dengan menyatakan sangat layak. Aspek validasi secara keseluruhan pembelajaran IPA model POE untuk melatih Hots Siswa secara keseluruhan 87,8%. Terkait interprestasi kelayakan. Kelayakan pembelajaran IPA model POE sangat layal digunakan dalam melatih soal HOTS Siswa SD kelas IV. Media Pembelajaran IPA Model POE (Predict Observe Explain) untuk melatih soal HOTS Siswa SD Kelas IV Sekolah dasar berdasarkan hasil validasi oleh ahli media sebesar 87,8% sehingga dapat dinyatakan sangat layak media pembelajaran IPA model POE sangat layal digunakan dalam melatih soal HOTS Siswa SD kelas IV.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...