EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Suku Atoin Meto Kabupaten Timor Tengah Selatan

Sem Saetban (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)
Maxy Lakapu (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)
Hemi Bara Pa (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)
Maglon Ferdinand Banamtuan (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)
Simon Kase (Institut Agama Kristen Negeri Kupang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter berbasis kearifan budaya atoin meto di Kabupaten Timor Tengah Selatan. metode yang dipakai dalam riset ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari tokoh masyarakat, kepala sekolah, guru, dan siswa. Maka hasil penelitian yang diperolah saat melakukan penelitian yakni: 1).Pendidikan karakter meliputi penerapan delapan belas nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah dan disinkronkan dengan nilai-nilai budaya lokal sebagai tindakan untuk melestarikan budaya agar generasi penerus dapat melestarikan sehingga jangan punah karena penyalahgunaan teknologi, 2). Kearifan budaya atoin meto di Kabupaten Timor Tengah Selatan meliputi suku mollo, suku amanatun, suku amanuban serta sarang budaya. Dari ketiga suku memiliki banyak kearifan, nilai-nilai luhur yang mempunyai makna yang khas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...