EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengembangan E-LKPD Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Larutan Elektrolit

Mimi Herman (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Elvy Rahmi Mawarnis (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Dalia Ramadhani (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)
Hidayat Herman (UIN Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Salah satu cara pengintegrasian nilai-nilai religiulitas dalam proses pembelajaran kimia adalah mengembangkan media pembelajaran yang memuat konsep-konsep kimia terintegrasi dengan ayat-ayat Al-Quran untuk menghindari pengdikotomian antara sains dan agama.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD berbantuan Augmented Reality terintegrasi nilai keislaman pada materi larutan elektrolit untuk SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan Research dan Development dengan model define, design, develop dan deseminate. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman wawancara, lembar validasi dan angket praktikalitas. Hasil validitas isi menunjukkam nilai 88,1% dengan kriteria sangat valid, hasil validitas integrasi menunjukkan nilai 93,8% denganĀ  kriteria sangat validĀ  dan hasil praktikalitas E-LKPD yaitu 88,0% dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah E-LKPD LKPD berbantuan Augmented Reality terintegrasi nilai keislaman pada materi larutan elektrolit untuk SMA/MA dinyatakan layak dengan kategori sangat valid dan praktis untuk ditindak lanjuti untuk diuji cobakan secara terbatas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...