EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Masuddi Masuddi Masuddi (Universitas Terbuka, Indonesia)
Julaga Situmorang (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Fatia Fatimah (Universitas Terbuka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dengan model pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan gaya belajar visual, dan menganalisis interaksi antara model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar  matematika siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 60 orang  terdiri dari 2 (dua) kelas.  Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen. Hasil penelitian dikemukakan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model CTL lebih tinggi daripada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil belajar menggunakan model CTL memperoleh nilai rata-rata sebesar adalah 89,73, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional nilai rata-rata hasil belajar sebesar 84,00.  Hasil belajar siswa memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi daripada siswa yang diajar memiliki gaya belajar visual. Siswa memiliki gaya velajar kinestetik memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 89,76, sedangkan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,16. Terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan gaya belajar dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa teruji kebenarannya. Hasil uji Anava 2x2 membuktikan bahwa harga sig=0,015 sehingga hasil hitung sig=0,015<sigα=0,05

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...