Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, masih rendahnya pendidikan karakter tanggung jawab sosial anak usia 7-9 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku pedoman pendidikan karakter tanggung jawab sosial berbasis permainan tradisional untuk anak usia 7-9 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D tipe ADDIE. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan 1) Pengembangan buku pedoman dilakukan menggunakan langkah-langkah ADDIE, 2) Buku pedoman pendidikan karakter memiliki kualitas “sangat baik” dengan nilai 3,81 (skala 1-4) sehingga “tidak memerlukan revisi”. 3) Penerapan produk buku pedoman pendidikan karakter sangat berpengaruh terhadap karakter tanggung jawab sosial anak usia 7-9 tahun. Hasil uji signifikansi dari buku pedoman ini yaitu t(7) = 16.756, p = 0.000 (p < 0.05), dengan besar pengaruh r = 0.987 tergolong dalam kelompok “efek besar” dan sejajar dengan nilai persentase pengaruh yaitu sebesar 97.56%. Berdasarkan hasil analisis N-Gain Score, buku pedoman ini memperoleh nilai sebesar 92,8594% yang termasuk dalam kategori efektivitas "tinggi”.
Copyrights © 2022