Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
Vol 10 No 2 (2022): Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan

PENGEMBANGAN BIG BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL KABUPATEN TRENGGALEK UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Dina Nur Romadhona (STKIP PGRI Trenggalek)
Nanda William (STKIP PGRI Trenggalek)
Intan Susetyo Kusumo Wardhani (STKIP PGRI Trenggalek)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2022

Abstract

Penelitian big book berbasis kearifan lokal Kabupaten Trenggalek di latar belakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa terkait kearifan lokal dan kurangnya pemanfaatan bahan ajar dalam proses belajar mengajar, sehingga kurang menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pengetahuan penerapan big book berbasis kearifan lokal Kabupaten Trenggalek untuk siswa kelas IV di sekolah dasar. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah (R&D) Research and Development. pengembangan ini menggunakan model ADDIE, untuk sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Karangsoko yang berjumlah 19 siswa, SDN 2 Karangsoko yang berjumlah 21 siswa, dan SDN 3 Karangsoko dengan jumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan paired sample t-test dengan bantuan Software SPPS 25.0. Hasil pretest dan posttest bahwa nilai pengetahuan kearifan lokal yaitu sebelumnya 70,51 dan meningkat menjadi 85,75. Berdasarkan hasil yang diperoleh terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penerapan big book berbasis kearifan lokal dengan nilai signifikansi 0.00 (<0,05). Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh big book berbasis kearifan lokal Kabupaten Trenggalek untuk siswa kelas IV di sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Pedagogika : Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, theory of learning, and dinamika ...