Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Vol 22 No 1 (2021): Tamaddun Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan

PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI DI ERA COVID-19

Rizqiyah Novita Sari (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Noor Amirudin (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini adalah berawal dari problematika saat ini dengan adanya wabah virus COVID-19 yang membuat hampir seluruh aspek mengalami lockdown termasuk pendidikan yang mengharuskan belajar melalui rumah atau belajar dengan menggunakan sistem daring ( dalam jaringan), dari adanya pembelajaran dalam jaringan tersebut peneliti ingin melihat dan melakukan sebuah penelitian tentang peran orang tua dalam pendampingan anak pada proses pembelajaran PAI di era Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan anak pada proses pembelajaran PAI di era Covid-19 pada mata pelajaran fiqih di MTs Muhammadiyah 06 Banyutengah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan observasi lapangan. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi lapangan, wawancara serta dokumentasi dari sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data , penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada peran orang tua dalam pendampingan anak pada proses pembelajaran PAI di era covid-19 pada siswa kelas 07 MTs Muhammadiyah 06 Banyutengah Panceng Gresik. Terkait hambatan yang dialami adalah karena 1) sinyal 2) elektronik 3) kurangnya fasilitas 4) biaya untuk pembelian paket data. Pembelajaran dalam jaringan di SMP Muhammadiyah 1 Gresik sendiri terkait pembelajaran daring , SMP Muhammadiyah 1 Gresik menggunakan dua media yaitu media WhatsApp sebagai pembelajaran dan Web Spemutu sebagai web evaluasi pembelajaran. Keberhasilan dari impelmentasi pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 1 Gresik untuk tahun ini mencapai 70% karena masih banyak hambatan yang dialami oleh siswa saat melakukan pembelajaran dalam jaringan, meskipun pihak sekolah sudah memberika fasilitas kepada guru yang termasuk salah satu bentuk dukungan dari pembelajaran daring supaya optimal dalam memberikan pembelajaran dalam jaringan. Kata Kunci : Peran orang tua; pembelajaran PAI; Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tamaddun

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para ...