Jurnal Dedikasi Pendidikan
Vol 6, No 2 (2022): JULI 2022

DONGENG SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN KESIAPSIAGAAN BENCANA BAGI ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Wildan Seni (Universitas Abulyatama)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Bencana yang sering menimpa sebagian besar wilayah Indonesia menyadarkan kita akan pentingya kesiapsiagaan bencana. Kesiapsiagaan bencana haruslah dimiliki oleh setiap individu maupun masyarakat, tak terkecuali anak-anak. Khususnya anak usia sekolah dasar, sangatlah penting bagi mereka memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana. Dongeng sebagai bagian dari sastra anak dapat di manfaatkan sebagai media penyampaian pesan-pesan kebencanaan kepada anak-anak, karena dongeng bisa membangun cara berpikir anak-anak, bahkan bisa mengubah prilaku mereka. Pengkajian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana dongeng dapat dijadikan sebagai media untuk membangun kesiapsiagaan anak usia sekolah dasar menghadapi ancaman bencana. Penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif melalui studi kepustakaan. Dari pengkajian ini menunjukkan bahwa dongeng mampu meningkatkan daya serap informasi pembelajaran yang diberikan kepada anak sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak. Dengan demikian maka dongeng sangat layak di dijadikan sebagai media penyampaian pesan-pesan kebencanaan kepada anak usia sekolah dasar untuk membangun pengetahuan dan kesadaran mereka akan kesiapsiagaan bencana.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh LPPM Universitas Abulyatama yang terbit 2 kali setahun. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan penelitian para akademisi, peneliti, dan praktisi lainnya dalam mengembangkan dunia pendidikan. Jurnal ini berisi tentang kajian ilmiah dunia pendidikan, pengembangan ...