HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol 11, No 1 (2022)

PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ SEBAGAI SARANA EVALUASI BELAJAR SISWA BERBASIS DARING DI KELAS III A SDN SIDOKUMPUL KECAMATAN SIDOARJO

Nanik Suhartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2022

Abstract

Indonesia yang saat ini sedang menghadapi pandemi virus covid-19, mengharuskan siswa untuk belajar di rumah, guna menghindari dan memutus rantai penyebaran virus. Guru dan siswa harus melakukan pembelajaran secara online atau tidak tatap muka di kelas seperti biasanya. Sehingga, hal ini menuntut siswa dan guru harus belajar dan melakukan pembelajaran secara online atau daring. Lahirnya teknologi yang menjadi salah satu bagian dari media pembelajaran, adalah untuk memberikan kemudahan, kemudian menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi Quizizz yang eksistensinya kian ramai di gadang-gadangkan sebagai media pembelajaran tepat di tengah pandemi, terutama siswa sekolah dasar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan quizizz selama pembelajaran daring di kelas III A SDN Sidokumpul sebagai sarana evaluasi tema 2 sub tema 1 dikembangkan sesuai dengan kompetensi dasar dan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian 23 siswa SDN Sidokumpul Sidoarjo. Sedangkan pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa hasil belajar tema 2 sub tema 1 dan kuesioner dibuat dalam bentuk form (google form) yang disebarkan menggunakan Whatsapp. Hasil angket respon penerapan quizizz menunjukkan  respon positif dari siswa mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sehingga siswa tidak lagi terlambat mengumpulkan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.           Dampak penerapan quizizz sebagai sarana kegiatan evaluasi pembelajaran pengganti ulangan harian dilaksanakan dengan menganalisis hasil belajar siswa setelah menggunakan aplikasi quizizz. Data menunjukkan bahwa nilai 100 ada 8 siswa, mendapatkan nilai 95 ada 5 siswa, mendapatkan nilai 90 ada 4 siswa, mendapatkan nilai 85 ada 6 siswa Data diatas menunjukkan bahwa siswa dinyatakan tuntas belajar karena siswa telah mendapat nilai di atas KKM sekolah yaitu 78 hal ini membuktikan bahwa pandemi covid-19 bukan alasan untuk menghambat kegiatan pembelajaran namun justru sebagai tantangan untuk melakukan pengembangan diri membuat evaluasi pembelajaran berupa quizizz

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hikmah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ...