Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia
Vol 3 No 2 (2022): Juni 2022

Pemahaman dan Sikap Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Mengenai Bantuan Hidup Dasar

Raihan Zata Amani Winata (S1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang 25163, Indonesia)
Syaiful Saanin (Bagian Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia)
Taufik Hidayat (Bagian Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, RSUP Dr. M. Djamil, Padang 25163, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Latar belakang: Pemberian bantuan hidup dasar (BHD) yang merupakan kompetensi 4A bagi lulusan dokter Indonesia, apabila dilakukan segera setelah henti jantung dapat meningkatkan kelangsungan hidup seseorang hingga 2-3 kali lipat. Objektif: Penelitian ini bertujuan untuk menilai pemahaman dan sikap dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas andalas mengenai BHD. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif potong lintang dengan metode simple random sampling dengan 105 responden. Responden merupakan dokter muda FK Unand yang telah menyelesaikan seluruh kepaniteraan klinik pada periode Agustus 2020 – Maret 2021. Data dikumpulkan menggunakan borang elektronik yang telah divalidasi. Analisisyang dilakukan merupakan analisa univariat dengan menggunakan SPSS. Hasil: Penelitian ini telah mengidentifikasi data mengenai karakteristik dokter muda meliputi: usia; jenis kelamin; angkatan; dan pengalaman melakukan BHD pada pasien sebenarnya. Ditemukan 94,3% responden sudah pernah melakukan BHD pada pasien dan terdapat 6 responden yang belum pernah melakukan BHD pada pasien sebenarnya. Hampir separuh (48,6%) responden memiliki pemahaman BHD yang baik, 37,1% cukup, dan 15% kurang. Mayoritas (64,8%) responden memiliki sikap yang baik mengenai BHD; 34,3% cukup; dan 1% kurang baik. Kesimpulan: Kegiatan belajar mengajar terkait BHD sudah memberikan hasil yang baik dilijat dari pemahaman dan sikap dokter muda yang cukup baik. Akan tetapi lama rentang penyegaran BHD perlu diperhatikan agar jangan melebihi 6 bulan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikesi

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia is a peer-reviewed and open-access journal that focuses on promoting health sciences to integrate research in all aspects of human health. This journal publishes original articles, reviews, and case reports. Subjects suitable for publication include but are not ...