Jurnal i tabaos
Vol 2 No 2 (2022)

PENENTUAN UTILITAS LEVEL DAN NILAI KEPENTINGAN ATRIBUT KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI MOBIL DI KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE ANALISIS KONJOIN

Abdul Samat Rumakey (Universitas Pattimura Ambon)
Victor O. Lawalata (Universitas Pattimura)
Wilma Latuny (Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Berdasarkan identivikasi oleh peneliti diperoleh bahwa data penjualan tahun 2019 untuk dealer daihatsu 328 unit mobil sedangkan toyota 368 unit mobil. Tahun 2020 terhitung dari bulan Januari sampai september diperoleh data penjualan dealer daihatsu sebesar 103 unit mobil, penjualan dealer mobil toyota 230 unit mobil. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh kombinasi karakteristik kepentingan atribut produk mobil yang paling diminati konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penilitian survey dimana peneliti melakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan atribut konsumen, dan penilaian konsumen terhadap stimuli. Pengujian data yang digunakan diantaranya uji validitas, uji reliabilitas kemudian untuk analisis data menggunakan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi karakteristik tingkat kepentingan produk mobil yang paling diminati konsumen yaitu harga (25,418), warna (22,531), kecepatan maksimum (18,375), merek (12,874), jenis bahan bakar (6,817), garansi (6,352), dan sistem pembelian (4,966).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

itabaos

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

Jurnal i tabaos adalah jurnal peer-review yang menerbitkan makalah hasil penelitian mahasiswa asli, pada semua aspek aplikasi Teknik Industri. Topik yang akan dibahas termasuk, tetapi tidak terbatas pada: Rekayasa sistem kerja dan ergonomi. Rekayasa sistem manufaktur. Rekayasa sistem perusahaan. ...