LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 2 No. 2 (2022): Linggau Jurnal Language Education and Literature

Penerapan Model Role Playing pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 2 Rantau Bingin

Astuti, Sri (Unknown)
Friansyah, Drajat (Unknown)
Yuneti, Armi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tuntasnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Rantau Bingin. Metode penelitian yang digunakan berbentuk eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Rantau Bingin dan sekaligus sampel penelitian yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan a= 5% dk=21 menunjukkan besar = 4,48 dan = 1,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Rantau Bingin setelah penerapan model pembelajaran role playing signifikan sudah tuntas. Nilai rata-rata tes akhir siswa sebesar 74,33 serta persentase siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (72,27%).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...