SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS
Vol. 2 No. 3 (2022)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XII-IPS 1 MAN 3 KLATEN

SRI WIDADI (MAN 3 Klaten)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

This study aims to improve economic learning outcomes in service company accounting cycle materials by applying problem based learning learning methods to class XII IPS 1 MAN Klaten students. This research is a method of Classroom Action Research (CAR) or called classroom action research. This research was conducted in class XII IPS 1 MAN 3 Klaten. The research subjects were students of class XII IPS 1 MAN 3 Klaten for the 2018/2019 school year, totaling 18 students with details of 8 male students and 10 female students. The results of the study obtained from the test data showed that in the pre-cycle there were 44% (8) students who completed the KKM. In the first cycle there were 72% (13) students completed the KKM so that the cycle continued. Then in the second cycle there were 100% (18) students who completed the KKM so that the cycle was stopped. The data shows an increase from pre-cycle to cycle II. The success of the research is in accordance with the success indicators obtained during the second cycle, which is 100% of students who complete the KKM. The average value of student performance in each cycle has increased. In the pre-cycle the average score of students is 69.2 or still below the KKM. In the first cycle, the average score of students was 74.7 or still below the KKM score and the indicators of success did not meet the success of the research. In cycle II the average score of students increased to 82.2 or was already above the KKM value and the study was stopped. Thus, it can be concluded that the application of the Problem based learning learning method succeeded in improving the learning outcomes of class XII IPS 1 MAN 3 Klaten students in the Economics lesson on the Service Company Accounting Cycle material in the odd semester of the 2018/2019 academic year. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa dengan menerapkan metode pembelajaran problem based learning pada siswa kelas XII IPS 1 MAN Klaten. Penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut classroom action research. Penelitian ini dilakukan di kelas XII IPS 1 MAN 3 Klaten. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPS 1 MAN 3 Klaten tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 peserta didik dengan rincian 8 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Hasil penelitian yang didapat dari data tes memperlihatkan bahwa pada prasiklus terdapat 44% (8) peserta didik tuntas KKM. Pada siklus I terdapat 72% (13) peserta didik tuntas KKM sehingga siklus dilanjutkan. Kemudian pada siklus II terdapat 100% (18) peserta didik tuntas KKM sehingga siklus dihentikan. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus II, yaitu sebesar 100% peserta didik tuntas KKM. Nilai rata-rata unjuk kerja peserta didik disetiap siklus mengalami kenaikan. Pada prasiklus nilai rata-rata peserta didik adalah 69,2 atau masih di bawah KKM. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 74,7 atau masih di bawah nilai KKM dan indikator keberhasilan belum memenuhi keberhasilan penelitian. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82,2 atau sudah di atas nilai KKM dan penelitian dihentikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan dengan metode pembelajaran Problem based learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 1 MAN 3 Klaten pada pelajaran Ekonomi materi Siklus Akuntasi Perusahaan Jasa di semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

social

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...